14 Cara Jitu Mengatasi Lag di Android Saat Main Game

Lag saat main game di Android pastinya sangat mengganggu pengalaman bermain. Mau itu game online atau offline selalu terjadi lag, meskipun spesifikasi ponsel tinggi. Sebenarnya penyebab dari lag itu sendiri kalian sudah pada tahu, namun tidak menyadarinya. Cara mengatasi lag saat main game di Android akan saya bahas disini dan tanpa root, setidaknya ada lebih 12 cara yang dapat kalian lakukan agar mengurangi lag.

Cara Jitu Mengatasi Lag di Android Saat Main Game
100% Berhasil! Cara mengatasi lag saat bermain game

Sebelumnya kalian harus mengetahui spesifikasi ponsel serta game yang akan di mainkan. Jangan sampai spek hp rendah dan memaksakan game berat di install. Masalah kecil seperti ini sering terjadi, akibatnya ponsel cepat panas dan game stuck tidak berjalan.

Ada juga yang bermasalah dengan game ringan dan spesifikasi ponsel tinggi, tapi masih ada lag. Masalah seperti sering terjadi dan setelah dibandingkan dengan ponsel milik orang lain serta game yang sama, ternyata lancar. Lalu dimana masalahnya? Yuk simak tips dan trik dibawah agar hp android tidak lag saat bermain game.

Baca juga Cara Main Game PS1 di Android

14 Cara Jitu Mengatasi Lag di Android Saat Main Game

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

Biasanya aplikasi bawaan inilah salah satu penyebab terjadinya lag. Rata-rata tidak diperlukan dan bermanfaat bagi kita, sebaiknya uninstall saja. Apalagi memakan ram dan space ponsel. Jika tidak bisa dicopot, silahkan nonaktifkan dengan cara pergi ke pengaturan ~ Aplikasi ~ dan nonaktifkan.

2. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Apa kalian sudah tahu aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang? Adak banyak sekali, tapi biasanya yang terinstall adalah tacebook, instagram, dan masih banyak lagi. Aplikasi yang selalu memberitahu notifikasi itulah yang berjalan, dengan begitu ram akan terbagi. Apalagi saat sedang main game online 100% akan lag jika ada notif. Sebisa mungkin kurangi aplikasi yang seperti ini.

3. Perbaharui Sistem / Firmware Android

Update sistem pada sistem Android sangatlah penting. Selain dapat memperbaiki bug juga akan memaksimalkan performa ponsel saat sedang stanby atau bermaiin game.

4. Update Game ke Versi Terbaru

Sangat penting sekali melakukan update pada game, karena pengaruhnya sangat besar. Seperti halnya pada sistem android, update game pun sama pentingnya. Karena dengan melakukan hal tersebut sudah dipastikan akan ada perbaikan, sehingga stabilitas game pun membaik dari sebelumnya.

5. Install dan Gunakan Game Booster

Apa game booster berguna? Tentu saja. Sepertinya namanya aplikasi ini sangat membantu untuk mempercepat kinerja android saat bermain game. Selain itu dapat memaksimalkan kerja CPU, RAM, dan sistem yang di fokuskan hanya saat bermain game. Hp keluaran terbaru sekarang sudah terinstall game booster, jadi jika hpmu tidak terdapat fitur ini silahkan unduh di google play store.

6. Matikan Mode Hemat Daya

Jangan pakai mode hemat daya jika baterai ponsel penuh. Karena mode ini hanya akan menghambat dan membatasi kerja CPU pada android.

7. Hapus File Sampah

Di android selalu terdapat file sampah yang tidak berguna. File ini biasanya cache dari aplikasi yang terinstall. Tidak perlu khawatir, karena tidak akan menghapus file penting. Jika di ponsel tidak terdapat aplikasi penghapus file sampah, silahkan unduh di play store gratis.

8. Jangan Sampai Memori Internal Penuh

Jika sdcard penuh resikonya sangat besar, beberapa aplikasi dan sistem akan terhenti. Bahkan jika kalian tidak menyadarinya bisa berujung bootloop. Setidaknya sisakan minimal 500 MB.

10. Uninstall Launcher

Launcher biasanya kita dapatkan secara gratis di google play store. Meskipun bisa merubah tampilan menjadi lebih keren penggunaan launcher ini sangat membebani RAM. Jadi disarankan memakai launcher atau tema bawaan saja.

11. Custom Rom

Custom Rom atau firmware modifikasi biasanya dipakai untuk merubah seluruh tampilan ponsel. Namun rom ini tidak sebaik original, karena terdapat banyak bug yang dapat menghambat kinerja ponsel. Tapi saya yakin hanya sebagian saja yang custom rom ini.

12. Jangan Main Game Sambil Ngecas

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan yang satu ini. Meskipun tidak berlaku bagi beberapa smartphone kelas atas, tapi sangat berpengaruh untuk ponsel yang berspeaifikasi rendah. Kadang saat bermain sambil ngecas lag sering terjadi, selain itu panas yang tidak biasa dan CPU terhambat.

13. Setting Grafis Game

Cara ini juga akan sangat menentukan lag tidaknya nanti saat dalam in game. Setting grafik pada settingan medium agar tidak lag, jangan memaksakan frame rate terlalu tinggi. Sesuaikan dengan spesifikasi ponsel agar saat main lancar.

14. Koneksi Internet Harus Stabil

Koneksi internet yang stabil biasanya dibutuhkan untuk game-game online pada android. Kebnayakan orang mengalami lag yaitu dengan tidak stabilnya koneksi internet. Rekomendasi pakai wifi agar ping stabil, dan bisukan notifkasi dari aplikasi lain agar tidak mengganggu.

Pasti dari ke 14 cara mengatasi lag di android saat main game di atas sudah pernah kalian alami. Untuk menghilangkan lag saya rasa tidak mungkin, tapi jika hanya menguranginya saja pasti bisa. Jadi silahkan dicoba tips dan triknya, semoga bermanfaat dan berhasil.

Artikel lainnya

Tinggalkan Pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.