Ampuh! Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android

Cara mengatasi aplikasi terhenti di Android! Semua orang pasti pernah mengalami masalah yang satu ini. Mau itu ponsel lama atau baru saja dibeli, sebelumnya kalian harus mengetahui penyebab dari masalah ini. Terkadang kita sering jengkel ketika ada notifikasi “sayangnya aplikasi berhenti” dan “aplikasi tidak menanggapi“. Meskipun memiliki pemberitahuan berbeda, intinya tetap sama aplikasi yang sedang dipakai terhenti dan keluar sendiri (force close).

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android

Kasus seperti ini kebanyakan terjadi pada ponsel Android yang memiliki kapasitas penyimpanan dan Ram rendah. Tapi terkadang tidak bisa dijadikan patokan terjadinya masalah tersebut, karena masih ada faktor lainnya yang menyebabkan aplikasi terhenti.

Penyebab Aplikasi Terhenti di Android

  • Ram Penuh
  • Memori Internal penuh
  • File sampah / Cache menumpuk
  • File Corrupt / rusak
  • Aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat

Semua penyebab di atas adalah pengalaman yang saya rasakan sendiri. Meskipun masih ada penyebab lainnya cara mengatasinya tidak jauh berbeda, dan berikut cara fix dan memperbaikinya.

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android

Kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah untuk mengatasi masalah ini, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Hapus File Sampah dan Cache Aplikasi

Semua pengguna Android terkadang tidak menyadari bahwa di setiap pemakaian aplikasi dan internet selalu menyisakan file sampah. Dengan menumpuknya file tersebut akan memnuhi kapasitas storage, begitu pula dengan cache. Untuk mengahapusnya kalian bisa memakai aplikasi cleaner yang tersedia di play sotre gratis.

Update Aplikasi dan OS

Cara ini sangat efektif, karena update sendiri sangat di perlukan untuk memperbaiki bug yang terdapat pada aplikasi. Untuk OS android yang kalian pakai harus dipastikan sudah memakai versi terbaru, tapi tidak terlalu bermasalah. Yang Terpenting adalah versi dari aplikasi yang saat ini terhenti harus di perbaharui.

Restart Android

Jika masalah masih tetap berlanjut meskipun sudah memakai cara di atas, yang harus kalian lakukan adalah restart. Restart disini bukan memulai kembali perangkat, melainkan mengembalikan ke pengaturan awal. Dengan begitu ponsel akan lebih fresh dan dijamin masalah akan selesai. Namun akan menghapus data dan aplikasi, jadi silahkan backup terlebih dahulu data-data yang menurut kalian penting.

Cara fix masalah sayangnya aplikasi telah berhenti support untuk semua smartphone Android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Asus, Realme, Infinix, Nokia, dan lainnya.

Itulah cara mengatasi aplikasi terhenti di Android dengan mudah dan work 100%. Tentu saja tutorial ini tanpa root dan PC, tapi terkadang cara di artikel ini tidak work. Bisa disebabkan firmware atau sistem hp kalian mengalami masalah.

Artikel lainnya

Tinggalkan Pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.