Cara Cek IMEI HP di Kemenperin, Terdaftar atau Tidak?

Sudah cek imei smartphone belum? Kalian harus tahu apakah hp yang dipakai sekarang ilegal alias Black Market (BM) atau resmi. Baru-baru ini ada kabar jika ada peraturan yang menyatakan bila hp yang memiliki imei tidak terdaftar di kemengperin, maka tidak akan bisa digunakan lagi. Dengan kata lain jaringan pada kartu sim akan dicabut, jadi kita tidak bisa memakainya untuk berkomunikasi seperti SMS dan panggilan suara. Lalu bagaimana cara cek imei di Kemenperin?

Cara Cek IMEI HP di Kemenperin

Beberapa bulan sebelumnya kita disarankan untuk cek imei di situs kemenperin, akan tetapi sedang mengalamai gangguan dan perbaikan. Ternyata kemenperin membuat halaman baru khusus untuk siapa saja yang mau mengecek imei mereka agar mengetahui apakah imei terdaftar atau tidak.

Peraturan ini memang sudah dari jauh-jauh hari namun akan diterapkan oleh kominfo pada tahun depan tepatnya bulan februari 2019. Menerapkan peraturan seperti ini tentunya harus membutuhkan waktu, tapi kebijakannya kan ditanda tangani bulan agustus 2019.

Cara Cek IMEI di Kemenperin

  • Kunjungi imei.kemenperin.go.id
  • Masukan imei hp pada kolom tersebut, klik pada icon kaca pembesar.
  • Jika terdaftar dan tidaknya akan ada notifikasi atau pemberitahuan.

Biasanya ponsel dengan garansi distributor yang tidak terdaftar di Kemenperin, akan tetapi tidak semuanya. Karena saya juga memiliki ponsel garansi tidak resmi dan setelah dicek imei hasilnya terdaftar. Jadi tidak akan diblokir di Indonesia, status masih aman. Bagaimana dengan ponselmu?

Cara Cek Imei Semua Hp
Pada menu panggilan ketikan *#06#, atau lihat dibelakang baterai pada ponsel.

Ponsel apa saja yang bisa dicek dengan cara panggilan diatas? Hampir semua bisa seperti Nokia, Oppo, Vivo, Xiaomi, Asus, Samsung, Lenovo, dan lainnya.

Baca juga, Cara Membuat Email Gmail di Android

Bagi kita semua yang memiliki budget terbatas yang ingin membeli smartphone dengan spesifikasi gahar tentu saja sangat mengecewakan dengan adanya peraturan seperti ini. Tapi ada baiknya juga karena jika benar nanti hp ilegal akan dimusnahkan, tentunya pajak akan semakin baik karena selama ini hp ilegal sangat merugikan negara.

Bagi yang sudah terlanjur membeli smartphone yang imeinya tidak terdaftar segera jual dari sekarang, sayang kan jika nanti tidak bisa dipakai dengan kartu SIM. Tapi masi bisa digunakan untuk main game online dengan cara hotspot dan wifi.

Semoga cara cek imei semua hp ini membantu, jangan lupa untuk share ke teman ya!