Cara Mengaktifkan USB Debugging di Android

Bagi kalian yang suka oprek hp android mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur USB Debugging, namun bagi orang awam tentu saja terdengar sangat aneh dan rumit. Lalu bagaimana cara mengaktifkan USB Debugging di semua Android? Sebelum ke topik utama kamu harus mengetahui fungsi dari USB Debugging.

Cara Mengaktifkan USB Debugging

Apa Itu USB debugging

Sebenarnya sebelum Android berkembang dan secanggih jaman sekarang fitur USB debugging berfungsi hanya untuk melacak bug menggunakan USB seperti namanya, seiring perkembangan teknologi dan pengetahuan USB debugging kini sangat berguna dan bisa digunakan bagi siapa saja yang memiliki ponsel android untuk berbagai macam keperluan. Intinya kamu dengan bebas jadi pengembang dan menguji serta mengevaluasi perangkat lunak juga permasalahan menggunakan Android Studio Development Kit.

Fungsi USB Debugging

Untuk fungsi dan manfaatnya bisa dikatakan banyak sekali saat kamu mengaktifkan USB debugging di Android dan berikut beberapa fungsinya:

  1. Rooting perangkat android
  2. Install custom recovery (CWM)
  3. Mengirim file ke perangkat komputer / laptop / PC
  4. Install custom Room
  5. Melihat file di dalam sistem yang tersembunyi
  6. Dan masih banyak lagi fungsinya

Dengan mengkatifkan USB debugging kamu bebas memodifikasi android sesuka hati tanpa ada batasan dan tentu saja resiko seperti botloop ditanggung sendiri jika dalam melakukan custom room dan rooting gagal. Jadi dalam memanfaatkan fitur USB debugging kamu harus berhati-hati.

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Android

  • Pergi ke Pengaturan / Setting
  • Sistem
  • Tengtang Ponsel / About Device
  • Ketik atau sentuh 7 kali pada Nomor bentukan / Build number
  • Jika berhasil kamu akan mendapatkan pemberitahuan Sekarang anda adalah seorang pengembang seperti gambar dibawah

Untuk mengecek kembali apakah USB debugging sudah benar-benar aktif kamu bisa mengeceknya di Setting -> Sistem, dan akan muncul Opsi developer kemudian centang USB debugging dan tekan Ya. Selesai

Baca Juga, Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Cara Non-aktifkan USB Debugging Android

Untuk menonaktifkannya sangat mudah, kamu hanya perlu pergi ke Setting -> Sistem -> Opsi Developer, dan centang kembali

Cara ini berlaku di semua merk android seperti Nokia, Vivo, Oppo, Asus, Xiaomi, Samsung, dan lainnya. (Tested Asus Zenfone Max Pro M1)

Artikel lainnya

Tinggalkan Pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.