Tutorial UBL, Install TWRP, Root Asus Zenfone Max Pro M1

Pada artikel sebelumnya sebenarnya sudah saya tulis tentang cara unlock bootloader, pasang TWRP, dan Root Asus Max Pro M1. Namun di kesempatan kali ini akan saya rangkum kembali dan menulisnya lagi agar mudah dipahami serta lengkap dengan gambar.

Sebelum ke tutorial silahkan download terlebih dahulu driver untuk PC agar nanti proses berjalan dengan lancar.

Download Driver:

Kalian download dan install saja ADB Setup dan Minimal ADB Fastboot, kedua drivers tersebut sudah cukup.

Cara Install Driver

Install Asus Android USB Window: Cara installnya harus manual via device manager pada PC. Hanya untuk Windows XP, Vista, 7, 8, dan 8.1.

ADB Setup: Extract file adb-setup-1.4.3.rar lalu install file berformat exe, klik 2 kali. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah.

Do you want to install ADB and Fastboot? (Y/N)Y > enter

Install ADB System-Wide? (Y/N)Y > enter

Do you want to install device drivers? (Y/N)Y > enter

Pilihan Y untuk Ya dan N untuk Tidak. Masukan saja perintah Y pada 3 pertanyaan di ADB Setup. Jika selesai menu tersebut akan menutup dengan sendirinya.

Minimal ADB Fastboot: Untuk drivernya install seperti biasa dan silahkan centang Create a desktop icons pada waktu penginstallan. Fungsinya untuk membuat shortcut dan lebih memudahkan mengakses CMD di folder Minimal ADB Fastboot.

Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1

Untuk UBl pada Asus Max Pro M1 sendiri bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan PC via CMD dan tanpa PC memakai aplikasi Official dari Asus.

Peringatan! Proses Unlock Bootloader akan menghapus data di internal memori, silahkan backup terlebih dahulu data yang dirasa penting.

UBL Tanpa PC

UBL tanpa PC ini sangat praktis sekali karena tidak perlu masuk ke mode Fastboot, cukup menginstallnya dan setujui persayratan. Silahkan baca UBL Asus Zenfone Max Pro M1 tanpa PC, untuk sekarang UBL tanpa PC hanya bisa dilakukan untuk versi Android 8 dan 9 saja.

UBL Via PC

Jika kalian ingin menggunakan PC juga tidak masalah, karena proses unlock bootloader juga tidak susah. Hanya dengan hitungan detik saja Asus Max Pro M1 kalian sudah unlock.

Download bahan yang diperlukan:

Cara Unlock Bootloader

Pertama matikan ponsel dan pergi ke mode Fastboot dengan cara tekan tombol Power bersamaan dengan Volume Atas (+). Tahan selama 3 detik sampai muncul menunya.

Langkah terakhir, extract file UBL yang sudah di download, kemudian buka foldernya dan klik 2 kali pada file unlock.cmd. Ponsel akan reboot otomatis jika proses UBL selesai.

Tanda jika Asus Zenfone Max Pro M1 kalian bootloadernya sudah di unlock.

Root & Install TWRP Asus Zenfone Max Pro M1

Dalam menginstall TWRP ada bebrapa hal penting yang harus kalian perhatikan, karena banyak sekali orang yang salah dalam memasangnya. Misalnya TWRP hilang atau tidak terinstall sesudah ponsel reboot. Nah, untuk mengatasi masalah TWRP hilang ini silahkan perhatikan dan ikuti step by step tutorial dengan benar.

Download bahan:

Untuk file decript dan Magisk silahkan pindahkan ke micro SD atau kartu memori karena nanti data dalam internal memori akan terhapus. Kedua file tersebut untuk proses rooting.

Cara Pasang TWRP dan Root Asus Max Pro M1

1. Pertama matikan ponsel dan pergi ke mode Fastboot dengan cara menekan tombol Power bersamaan dengan Volume Atas (+), tahan selama 3 detik.

2. Hubungkan ponsel ke PC dengan kabel USB

3. Extract file Install TWRP.zip lalu buka foldernya

4. Masuk ke CMD dengan cara klik pada kolom folder, dan ketikan CMD lalu enter. Kemudian kita akan dibawa ke menu CMD yang dimana harus memeasukan perintah untuk pemasangan TWRP.

Untuk Windows 7 cara masuk ke CMD bisa dengan cara klik satu kali pada folder install twrp kemudian tekan tombol shift+klik kanan lalu pilih Open command Window here.

5. Setelah masuk ke CMD pada folder Install TWRP langkah selanjutnya yaitu memasukan perintah berikut:

fastboot devices

kemudian enter, fungsi dari perintah ini untuk mengetahui apakah Asus Zenfone Max Pro M1 kita terditeksi atau belum. Jika sudah terhubung maka akan ada notifikasi dari CMD seperti gambar dibawah.

Perintah selanjutnya adalah:

fastboot flash recovery twrp.img

Kemudian enter, fungsi perintah tersebut untuk menginstall twrp dalam format img

Pemasangan TWRP sudah selesai. Sekarang cabut kabel USB dan pergi ke TWRP dengan cara tekan tombol Power dan Volumer bawah (-) bersamaan, tahan selama 3 detik sampai bergetar. Pastikan masih berada pada mode fastboot saat akan pergi ke TWRP.

6. Saat pertama memasuki TWRP kita akan disuruh memasukan password, pilih saja Cancel kemudian Swipe. Masih di menu TWRP > pilih Wipe > Format Data > ketikan yes pilih tanda centang pada keyboard. Setelah selesai format data silahkan kembali dan pilih Reboot > recovery

Ponsel akan restart dan kembali ke recovery TWRP.

7. Masih di menu TWRP, pilih Install > pilih Select Storage > pilih Micro SD card lalu ok. Install file decript.zip yang sudah dipindahkan ke kartu memori dan Swipe untuk menginstall. Jika sudah selesai install pilih Wipe cache/davilk, kemudian kembali ke menu install

8. Install file Magisk > jika sudah selesai kemudian pilih Wipe cache/davilk dan Reboot system

9. Asus Zenfone Max Pro M1 kita akan kembali ke pengaturan awal, silahkan setting sampai selesai. Setelah itu matikan ponsel dan coba kembali masuk ke TWRP.

10. Done!

Jika kalian mengikuti tutorial ini dengan teliti maka proses pasang twrp dan rooting akan berjalan lancar. Pastikan menginstall file decript dan magisk agar TWRP tidak hilang.

Nah itulah tutorial cara root, UBL, dan install TWRP Asus Zenfone Max Pro M1. Kalian bisa hanya membutuhkan PC sewaktu pasang TWRP saja, untuk unlock bootloader dan rooting tanpa PC. Jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar, semoga artikel ini membantu.

Artikel lainnya

Tinggalkan Pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.